Rakerkesda dan Rakontek Kesmas 2017, Menkes Canangkan Germas di Gorontalo

BerandaBERITAINFORMASI PUBLIKPROGRAM

DinkesProvGorontalo- Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek Sp.M(K), secara resmi sukses membuka acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) dan Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Program Kesehatan Masyarakat tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2017, Ahad (16/4) di Maqna Hotel Kota Gorontalo. Kegiatan yang setip tahunnya rutin dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo ini mendapat respon yang baik dari Menkes karena sangat bersinergi dengan program dan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Pusat. Diantaranya adalah Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat yang merupakan salah satu upaya promotif dan preventif melalui pendekatan keluarga dan mengoptimalkan peran lintas sektor untuk mendukung Program Indonesia Sehat. Hal inilah yang menjadi slide utam Menkes ketika memberikan paparannya.

Germas dalam pemaparan Menkes adalah “Suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup”. Olehnya pada kesempatan itu pula Menkes mengajak dan menghimbau kepada seluh tamu undangan tidak hanya institusi kesehatan namun juga yang berasal dari lintas sektor untuk bersama-sama, bahu membahu meningkatkan pembangunan kesehatan dengan mensukseskan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat. Pada slide sebelumnya juga Menkes memaparkan tentang arah pembangunan dibidang kesehatan pasca MDG’s dan pencapaian Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat  (IPKM).

Usai memberikan paparan selanjutnya Menkes membuka kegiatan Rakerkesda dan Rakontek Kesmas tingakat  Provinsi Gorontalo tahun 2017 dan secara resmi mencanangkan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat di Provinsi Gorontalo, didampingi Pj. Gubernur Gorontalo Prof. Zudan Arif Fakrullah, MH, Sekertaris Daerah Provinsi Gorontalo Prof. Dr. Winarni Monoarfa, M.Si, Bupati dan Wali Kota, jajaran Kementerian Kesehatan RI bersama unsur Forkopimda Provinsi Gorontalo yang ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Gorontalo yaitu Polopalo dan diikuti oleh tamu undangan yang hadir.

Usai mencanangkan Germas, Menkes selanjutnya bertolak ke Jakarta. Namun sebelumnya beliau menyempatkan waktu untuk mengunjungi stand-stand pameran yang dibuat pada acara Rakerkesda dan Rakontek Kesmas tersebut.

Gelaran Rakerkesda dan Rakontek Kesmas tahun 2017 ini mengusung tema, “Sinergitas Provinsi dan Kabupaten Kota dalam Penggerakan Program Kesehatan Masyarakat, untuk mewujudkan Gorontalo Sehat melalui Pendekatan Keluarga dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat”. Dengan tujuan mewujudkan sinergi pelaksanaan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Provinsi Gorontalo, dan juga menciptakan sinergisme dan integrasi penyusunan program Tahun Anggaran 2018 dan penggerakan kegiatan Kesehatan Masyarakat Tahun Anggaran 2017 antara pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

Sebagimana yang ada dalam tentative kegiatan Rakerkesda dan Rakortek ini, sebelumnya juga dilaksanakn penanda-tanganan MoU tentang Pelayanan Kesehatan Rujukan Bagi Masyarakat Pengguna Dana Perawatan Rumah Sakit Tahun 2017, antara Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dengan RSUD se-Provinsi Gorontalo disaksikan oleh Menteri Kesehatan RI dan Pj. Gubernur Gorontalo. Selanjutnya penanda tanganan MoU tentang Pengendalian Penyakit TB, antara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dengan Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Gorontalo. Selain itu, juga dilakukan penyerahan sertifikat kepada sejumlah Puskesmas dan rumah sakit yang telah terakreditasi di Provinsi Gorontalo.

Penyelenggaraan Rakerkesda dan Rakontek Kesmas tahun ini dilaksanakan dengan metode penyajian paparan berbagai isu penting percepatan pembangunan kesehatan dari kementerian dan selanjutnya didiskusikan oleh peserta dari Kabupaten/Kota untuk menggali potensi dan solusi dari permasalahan yang dibahas. Dari sinilah output yang diharapkan dalam pelaksanaan Rakerkesda dan Rakontek Program Kesmas Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2017 ini, adalah terinformasinya kebijakan dan strategi implementasi pendekatan keluarga dan gerakan masyarakat hidup sehat. Selanjutnya rencana tindak lanjut dari kegiatan ini adalah implementasi pelaksanaan pendekatan keluarga dan gerakan masyarakat hidup sehat, tahun 2017 ini di Provinsi Gorontalo akan difokuskan pada pendataan keluarga yang dilaksanakan di 12 wilayah kerja Puskesmas.