PEKAN IMUNISASI DUNIA, DINKES GELAR WORKSHOP NASIONAL

BerandaBERITABIDANG P2 PLINFORMASI PUBLIKSeksi Surveilans dan Imunisasi

DinkesProvGorontalo- Pekan Imunisasi Dunia (PID) serentak dilaksanakan oleh seluruh negara pada minggu terakhir bulan April dalam setiap tahunnya. Pelaksanaannya pun berbeda-beda disetiap negara dan daerah, seperti halnya di Provinsi Gorontalo. Dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia (PID) tahun 2017, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo bersama Kementerian Kesehatan RI melaksanakan Workshop Nasional Imunisasi, Rabu (26/4) di Grand Place CC Kota Gorontalo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Gorontalo Dr. Anis Naki mewakili Pj. Gubernur Gorontalo Prof. Zudan Arif Fakrullah, MH, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Darmiyanty Yahya, M.Kes, Direktur PPML Dirjen P2P Kemenkres RI dr. Windra Baruntu, M.Kes, Jajaran Kementrian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.Pada kegiatan tersebut diawali dengan sambutan sekaligus laporan pelaksanaan workshop oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Darmiyanti Yahya. Dikatakannya bahwa pemberian imunisasi yang lengkap sangat berguna bagi kesehatan anak karena dapat mencegah berbagai penularan penyakit berbahaya seperti Hepatitis, Campak dan Polio. “Saat ini, imunisasi yang mencakup pemberian vaksin bertujuan untuk menurunkan angka penyakit, kecacatan, dan kematian akibat penyakit yang sebetulnya dapat dicegah dengan Imunisasi (PD3I), mencakup lima penyakit yaitu polio, campak, hepatitis B, tetanus, pertussis (batuk rejan), difteri, rubella, pneumonia, dan meningitis”, terang dr. Darmiyanty.
Sejauh ini Dinas Kesehatan Provinsi¬†Gorontalo terus berupaya meningkatkan cakupan imunisasi dasar di Provinsi Gorontalo. Al hasil, Gorontalo termasuk daerah yang termasuh bebas dari penemuan kasus polio ditahun kemarin. “Dan ini merupakan salah satu target pemerintah dalam pencapaian SDGs tahun 2030”, terang dr. Darmiyanty.
Olehnya, melalui Workshop Nasional tersebut kata dr. Darmiyanty, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo ingin lebih memperkuat program imunisasi rutin yang telah dilaksanakan selama ini sehingga nanti cakupannya akan meningkat dan diharapkan nanti akan mencapai target pencegahan penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Dari sinilah nantinya kata dr. Darmiyanty, akan mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesadarannya akan pentingnya imunisasi melalui pendekatan keluarga.
“Kami juga ingin memberikan informasi kepada masyarakat tentang isu yang tidak benar tentang imunisasi sekaligus meningkatkan peran semua tokoh dan organisasi masyarakat agar terlibat aktif mengkampanyekan imunisasi”, terang Plt. Kadinkes Provinsi Gorontalo.
Sementara itu, ketika membuka kegiatan Workshop tersebut, Dr. Anis Naki mewakili Pj. Gubernur Gorontalo selaku Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Gorontalo mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Dikatakannya, kegiatan seperti ini tentu akan sangat mendukung program unggulan dari Pemerintah Provinsi Gorontalo sebagai mana yang tertuang dalam RPJMD 2012-2017. “Kesehatan merupakan salah satu prgram unggulan dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, olehnya mari kita dukung bersama-sama”, pungkas Anis Naki.
Masih dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia, sebagaimana tema PID tahun ini yaitu “Imunisasi Bisa! Jadikan Anak Indonesia Sehat dan Bahagia”. Sebelum pelaksanaan workshop tersebut, Dinas Kesehatan provinsi Gorontalo juga melaksanakan senam kebugaran dihalaman gedung Grand Place CC bersama seluruh pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi dan peserta workshop nasional.